Minggu, 18 Agustus 2013

Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran

              Pendidikan karakter pada intinya bertujuan membentuk bangsa yang tangguh, kompetitif, berakhlak mulia, bermoral, bertoleran, bergotongroyong, berjiwa patriotik, berkembang secara dinamis, berorientasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang semuanya dijiwai oleh iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan Pancasila.

            Terkait dengan itu, maka pendidikan karakter bukan sekedar mengajarkan mana yang benar dan mana yang salah, akan tetapi lebih dari itu, pendidikan karakter menanamkan kebiasaan (habituasi) tentang hal mana yang baik sehingga peserta didik menjadi paham (kognitif) tentang mana yang benar dan salah, mampu merasakan (afektif) nilai yang baik, dan biasa melakukannya dalam kehidupan kesehariannya (psikomotor). Dengan demikian, karakter adalah perilaku seseorang yang didasari oleh kebiasaan-kebiasaan yang berlandaskan nilai-nilai atau norma-norma agama, kebudayaan, hukum/konstitusi, adat istiadat, dan estetika. Oleh karena itu, pendidikan karakter menekankan pada habit atau kebiasaan yang secara terus-menerus dipraktikkan dan dilakukan.

Berikut ini adalah cara praktis implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran, silakan klik link tautan di bawah ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar