Minggu, 18 Agustus 2013

Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) SD/SMP/SMA/SMK

         Sekolah merupakan lembaga pendidikan formal yang didirikan dengan tujuan untuk menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kompetensi yang dapat menerapkan, mengembangkan, dan memperkaya khasanah ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (IPTEKS) seta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.
            Demikian tingginya cita-cita dibentuknya sekolah tersebut, maka dalam memberikan layanan kepda peserta didik pada khususnya dan masyarakat pada umumnya, maka sekolah sebagai suatu organisasi perlu dikelola dengan baik. Salah satu indicator pengelolaan sekolah yang baik adalah bahwa sekolah memiliki perencanaan untuk berbagai tingkatan.
            Perencanaan sebagai  fungsi pertama dan utama dalam manajemen yang pada hakekatnya merupakan suatu rangkaian proses kegiatan menyiapkan keputusan mengenai apa yang diharapkan terjadi dan apa yang akan dilakukan agar harapan dapat diwujudkan di masa yang akan datang.
            Berkaitan dengan itu, Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 19 Tahun 2005 pasal 53 (1) menyatakan bahwa, “Setiap satuan pendidikan dikelola atas dasar rencana kerja tahunan yaqng merupakan penjabaran rinci dari rencana kerja jangka menengah satuan pendidikan yang meliputi masa 4 (empat) tahun. Sedangkan Permendiknas Nomor 19 Tahun 2007 mengamanatkan bahwa sekolah/madrasah membuat: (1) rencana kerja jangka menengah yang menggambarkan tujuan yang akan dicapai dalam kurun waktu empat tahun yang berkaitan dengan mutu lulusan yang ingin dicapai dan perbaikan komponen yang mendukung peningkatan mutu lulusan, (2) rencana kerja tahunan yang dinyatakan dalam rencana kegiatan dan anggaran sekolah/madrasah (RKA-SM) dilaksanakan berdasarkan rencana kerja jangka menengah

Berikut adalah contoh RKJM yang mungkin dapat membantu anda dalam menyusun rencana kerja sekolah, silakan klik tauntan di bawah ini.
Rencana Kerja jangka Menengah SD/SMP/SMA/SMK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar